Cara membuat FTP server sendiri dengan filezilla dari xampp

Ada yang belum tau FTP ?

Kepanjangannya sih File Transfer Protocol. Ini adalah protokol untuk transfer file dari host yang satu ke host yang laen.

Kalo bahasa saya sih, kayak cara untuk transfer file dari komputer yang satu ke yang laen melalui jaringan.

FTP biasanya dipakek untuk share file. Misalnya, saya punya 1 folder di laptop saya, dan saya ingin supaya teman-teman saya bisa mengaksesnya. Teman mana aja yang bisa mengakses? Karena laptop saya konek ke wifi kapus, jadi yang bisa akses hanya orang-orang yang terhubung ke jaringan kampus saya aja. Sebenarnya, untuk sekedar share folder aja bisa hanya mengandalkan kemampuan OS (misalnya windows) walaopun tanpa filezilla. Tapi karna saya sudah lupa caranya, jadi yang saya bagikan ya yang ini.. Hohohohh…

Nah ini caranya…

  1. (Kalo blum punya filezilla) Install xampp aja, nanti ada pilihannya mau install filezilla juga.
  2. Masuk control panel xampp (dari start-programs-apache friends atau xampp), start service filezilla
  3. Klik button “admin” yang ada di sebelah nama service filezilla
  4. Klik menu edit->users
  5. Pada page general, klik button add  di bagian users
  6. Ketik nama username yang akan dipakai untuk login ke ftp, tidak perlu mengubah member group nya jika tidak perlu group lalu klik OK
  7. Bila perlu password, centang checkbox password, lalu ketikkan password yang diinginkan
  8. Bila tidak memperbolehkan ada user anonymous, hapus user tsb dg klik remove setelah memilih user tsb, demikian pula dg user yg bernama “newuser”
  9. Pada page shared folder, klik button add untuk browse ke folder yang akan di-share. Bila user login ftp anda, isi folder ini yang akan muncul.
  10. Pada bagian files, Anda bisa mengatur apa yg bs dilakukan  user tsb. (delete file, delete folder, dll)
  11. Klik OK
  12. Untuk mencoba, buka windows explorer dan ketik ftp://<alamat IP>
  13. Akan muncul window untuk login.
  14. Tinggal login dengan username dan password yang telah diatur sebelumnya. (Jangan lupa kasi tau username dan password ini ke teman-teman yang diperbolehkan mengakses…)
  15. File sudah dapat diakses, sesuai dengan batasan akses yang telah ditentukan..

4 thoughts on “Cara membuat FTP server sendiri dengan filezilla dari xampp

  1. Nice infonya bang… Baru pegang xampp…
    .
    Biasanya di debian… Tapi, sehubungan servernya mati… Pindah dulu…

  2. Kalo seandai nya saya ingin share file ke orang lain, dan orang lain itu tidak ada di jaringan kampus bagaimana ?

Leave a comment